Introduction

Jumat, 15 Oktober 2010

MODEL JARINGAN 7 OSI LAYER

Model Open System Interconnection ( OSI ) diciptakan oleh International Organization for Standarlization ( ISO ) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data terinteraksi melalui jaringan.

Terdapat 7 Layer OSI:
1. Application
2. Presentation
3. Session
4. Transport
5. Network
6. Data Link
7. Physical

Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi pada tiap-tiap yang berhubungan dengan aliran komunikasi data,,,,,



Berikut ini merupakan fungsi-fungsi layer OSI
1. Application = 
menyediakan jasa unttuk aplikasi pengguna. Layer ini  bertanggung jawab atas pertukaran informasi antara program komputer. Ex: program E-Mail.

2. Presentation =
bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data. Ex: git dan jpg untuk gambar

3. Session =
menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara dan mengatur koneksi bagaimana mereka saling berhubungan satu sama lain.

4. Transport =
bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika "end-to-end" antar terminal dan menyediakan penanganan error.

5. Network =
 bertanggungjawab menentukan alamat jaringan, mentukan rute yang harus di ambil selama perjalanan, dan menjaga antara trafik jaringan.

6. Data Link=
menyediakan link untuk data, memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan "hardware" kemudian diangkut melalui media.

7. Physical =
bertanggungjawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media kabel dan menjaga kondisi fisik antar sistem. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar